cursor link

Selasa, 30 Desember 2014

Apasih asuransi itu ? yuk menyusup ke salah satu perusahaan asuransi di indonesia

Pada saat ini di indonesia telah banyak perusahaan yang menjual jasa asuransi , dan menurut saya banyak yang belum tau apasih jasa asuransi itu ? , apasih manfaatnya ? , nah kali ini saya akan memberi tahu sedikit tentang asuransi , dan saya ingin mengajak anda untuk mengetahui seluk beluk salah satu perusahaan asuransi di indonesia.

Jasa Asuransi adalah suatu jasa yang menghimpun dana melalui anggotanya dan anggota tersebut diberi suatu jaminan sesuai dengan berjanjian , biasanya jaminan jiwa , jaminan harta (mobil , motor ,dll) , atau jaminan lainnya . Manfaat asuransi sendiri ialah sebagai cadangan jika suatu saat anda / harta yang dijamin oleh asuransi mengalami cacat / kecelakaan maka semua biaya akan ditanggung oleh asuransi.Wah kayanya kurang deh klo cuma sampai disini, oke kalau begitu saya akan memberikan contoh dengan salah satu perusahaan asuransi serta seluk beluknya agar anda lebih paham dan tertarik dengan asuransi ini .

ya salah satunya adalah PT. Asuransi Jasa Tania TBK (JASTAN) , PT ini adalah salah satu perusahaan jasa asuransi di indonesia, PT ini berdiri sejak tahun 1980, berikut akan saya jelaskan tentang perusahaan ini, visi dan misinya , dan lain - lain . 


Sejarah Perusahaan

Dekade 1980 Perseroan didirikan dengan nama PT Maskapai Asuransi Jasa Tania pada tahun 1979 yang berdomisili di Bandung, dengan bisnis yang berbasiskan kepercayaan dari PT Perkebunan I-XXIX. Pada periode ini operasional Perseroan didukung oleh jaringan 5 kantor cabang dan 1 kantor perwakilan. Dengan semakin berkembangnya kegiatan usaha, sejak tahun 1987 domisili Perseroan dipindahkan dari Bandung ke Jakarta. 
Dekade 1990 Dengan semakin meningkatnya kepercayaan dari PT Perkebunan I-XXXII dan berkembangnya industri asuransi, perseroan mulai mengembangkan bisnisnya disektor perbankan, badan usaha milik negara dan badan usaha milik swasta. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Perseroan memperluas jaringan dengan menambah 2 kantor cabang dan 1 kantor perwakilan. 
Dekade 2000 Dengan melihat peluang pasar yang ada, Perseroan memfokuskan segmentasi usaha di sektor korporasi dan ritel, dengan pendekatan pengembangan manajemen resiko dan pusat pelayanan pelanggan yang berorientasi "customer care". Untuk membentuk corporate image, perseroan melakukan perubahan seiring dengan diluncurkannya produk unggulan, yaitu JT OTO, JT CARE dan JT GRIYA. Untuk lebih dekat dengan pelanggan, Perseroan, menambah jaringan distribusi menjadi 10 kantor cabang, 1 kantor pemasaran dan beberapa outlet 
Dekade 2010 Dengan semakin berkembangnya industri perasuransian, Perseroan secara terus menerus meningkatkan kinerja operasionalnya dengan mengembangkan jaringan pemasaran sehingga saat ini Perseroan telah memiliki 12 Kantor Cabang, 7 Kantor Pemasaran dan 4 Unit Pemasaran. Selain itu Perseroan juga telah mengembangkan produk asuransi yang dipasarkan, yaitu Surety Bond dan Asuransi Kesehatan, untuk memenuhi kebutuhan pasar asuransi yang terus berkembang. Perseroan juga secara konsisten menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), baik di jajaran Pengurus maupun karyawan Perseroan, sehingga secara simultan dapat meningkatkan kepercayaan stakeholder.

Visi Perusahaan

Menjadi perusahaan yang tangguh dan terpercaya dalam memberikan perlindungan asuransi serta berperan aktif dalam pengembangan Industri Asuransi Nasional. 

Misi Perusahaan

  1. Memenuhi kebutuhan pelanggan secara efektif dan inovatif.
  2. Meningkatkan kompetensi dan produktivitas karyawan.
  3. Menjadikan perusahaan sebagai Badan Usaha yang membanggakan dan menguntungkan bagi stakeholder.
PT JASTAN ini termasuk organisasi dinamis karena setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu badan/organisasi , PT ini juga termasuk organisasi sistem kerja sama karena untuk mendapatkan clientnya PT ini tentunya harus bekerja sama ke beberapa pihak , dan PT ini mempunyai sistem tata hubungan kerja, bisa dilihat di struktur oganisasinya yang saya lampirkan dibawah ini :


Gambar Struktur Organisasi PT JASTAN


Dalam Struktur tersebut kita bisa lihat bahwa dalam organisasinya telah dibagi beberapa bagian untuk menyelesaikan macam - macam tanggung jawab sesuai dengan jobdesk mereka masing masing. misalnya ada bagian keuangan yang membawahi beberapa bagian , nah pada bagian ini bertanggung jawab mengenai masalah keungan.

Penjelasan Struktur :

  1. Direktur Utama membawahi Sekertaris Perusahaan, Bagian Internal Audit, Direktur Teknik, Direktur Pemasaran dan Direktur Keuangan & SDM.
  2. Sekertaris Perusahaan membawahi Bagian PMN & Manajemen Resiko dan Bagian Hukum & Humas.
  3. Direktur Teknik membawahi Divisi dan Divisi Akses.
  4. Drektur pemasaran membawahi Divisi Pemasaran.
  5. Direktur Keuangan & SDM membawahi Komite investasi, Bagian Teknologi informasi, Divisi Keuangan , dan Divisi SDM,Umum & Kesetariatan.
  6. Divisi Tekhnik membawahi Bagian U/W Property & Engineering, Bagian Reasuransi, Bagian Klaim non Motor, Bagian Tekhnik Motor & He ( Pada Divisi ini bertanggung jawab mengatasi tentang masalah teknis)
  7. Divisi Akses membawahi Bagian Tekhnik Akses
  8. Divisi Pemasaran membawahi Bagian PMS Khusus, Bagian PMS Korporasi, Bagian PMS Non Korporasi & Peng. Bisnis, dan Kantor Cabang (divisi ini berfungsi dan bertangung jawab untuk memasarkan jasa asuransi tersebut)
  9. Divisi Keuangan membawahai Bagian Keuangan & Investasi, Bagian Hutang / Pihutang, Bagian Akutansi & Anggaran (Pada divisi ini berfungsi dan bertanggung jawab tentang semua masalah keuangan pada perusahaan)
  10. Divisi SDM Umum & Kesetariatan membawahi  Bagian SDM , Bagian Umum ,dan Bagian Kesetariatan.

PT JASTAN ini jelas termasuk organisasi yang modern karena PT ini mempunyai tujuan dan terus berkembang , Sesuai Misinya PT ini akan terus mengembangkan dan memperhatikan  karyawannya sesuai dengan aturan yang ada dan akan terus mengembangkan produktivitasnya, PT ini mempunyai tujuan bersama yaitu ingin memberi perlindungan asuransi serta berperan aktif dalam pengembangan indsustri Asuransi Nasional, dan untuk berkembang, PT ini tentunya tidak berjalan sendiri, PT ini akan memasarkan produknya dengan bekerja sama ke beberapa pihak, agar PT ini terus berjalan maka para pekerjanya pun harus ditambah agar produktivitasnya semakin meningkat, semakin banyak client semakin banyak pekerjanya tentunya.Dan dalam organisasinya PT ini mempunyai bagian - bagian yang berketergantungan agar perusahaan ini terus berjalan dan menghasilkan tujuan bersama.

Perusahaan ini juga termasuk organisasi niaga karena PT ini menjual jasa asuransi yang tujuannya mendapatkan keuntungan , dan Perusahaan ini termasuk juga organiasi niaga yang berbentuk Perseroan Terbatas, Oh iya perusahaan ini tidak dibentuk oleh sekumpulan masyarakat jadi perusahaan ini tidak bisa dibilang sebagai perusahaan sosial , tetapi PT ini hanya berada di indonesia saja, dan belum masuk tahap internasional jadi PT ini termasuk organisasi regional karena hanya berada di indonesia saja.

Nah bagaimana sudah taukan seluk beluk PT Jastan ? , sudah mengertikan apa itu asuransi ?, nah siapa tau anda ingin bekerja sama dengan PT ini anda bisa mendapatkan info PTnya dibawah ini : 

Kantor Pusat :

Wisma Jasa Tania
Jl. Teuku Cikditiro No. 14, Jakarta Pusat 10350
Telp. (021) 3101850 (Hunting), Fax: (021) 31923089, 31937617
Email: headoffice@jastan.co.id
Homepage: www.jastan.co.id 


ya sekian dari saya , semoga tulisan saya ini dapat membantu anda dan memberi masukkan ke anda tentang asuransi dan juga tentang salah satu perusahaan asuransi di indonesia yaitu  PT Jastan.

Sumber : 

  1. http://jastan.co.id/hal-tentang-kami.html
  2. http://jastan.co.id/hal-visi-dan-misi-perusahaan.html
  3. http://jastan.co.id/hal-struktur-organisasi.html
  4. http://jastan.co.id/semua-kantor.html


Nama : Muhammad Salim Islahi
Kelas : 2ka25
NPM : 16113142

0 komentar:

Posting Komentar