cursor link

Rabu, 05 November 2014

Apa Sih Outsourcing Itu ? , Ini Loh Salah Satu Perusahaannya

Saat ini banyak lulusan baru saat ini (Fresh Graduate) yang gak tau apa itu outsourcing . Banyak juga yang menganggap dirinya itu bekerja pada Perusahaan A , padahal dia bukan karyawan di perusahaan tersebut melainkan karyawan di sebuah Perusahaan Outsourcing. nah anda sekarang pasti bertanya - tanya , Lalu Apa sih Outsourcing Itu ? , Apa sih Perusahaan Outsorcing itu ? Bagaimana kerjanya perusahaan itu ? .

Outsourcing adalah Suatu jasa yang menjual tenaga kerja (Man Power) ke clientnya (biasanya Perusahaan) untuk bekerja pada client tersebut , tetapi tenaga kerja tersebut tidak dianggap menjadi karyawan si client. Sistem kerja perusahaan Outsourcing itu adalah merekrut karyawan (calon pekerja) untuk menjadi kandidatnya lalu dipekerjakan ke clientnya yang membutuhkan . Jadi si pekerja yang bekerja di clientnya tidak digaji oleh client melainkan digaji oleh perusahaan outsourcing tersebut , client hanya memberi tugas sesuai dengan jobdesk si pekerja , untuk perlengkapan biasanya ditanggung oleh perusahaan outsourcing tersebut.

Sebagai pelengkap saya Muhammad Salim Islahi yang bekerja pada suatu perusahaan outsourcing ingin mengenalkan salah satu perusahaan outsourcing tempat saya bekerja yaitu PT. SABA PRATAMA yang telah saya analisa :


Berikut ini Alamat dan Info dari PT. SABA PRATAMA :


Cilegon Office (Head Office)

Jl. Lintas Penghubung Tol Cilegon BaratMasigit Kotasari Cilegon Banten
Telp : 0254 – 574672 
Fax : 0254 – 576035
Email : sabaclg@sabapratama.co.id
Contact Person: 
H. Syaiful Bahri, (President Director)
Mobile:  0812 9431 259 – 0819 1116 0999
Maftuhi, (Advisor)
Mobile:  0878 1219 849


Jakarta Office
Jl. Gabus Raya No. 19   Rawa Bambu – Ps.Minggu Jakarta Selatan - 12520
Telp : 021 – 7800305, 78848349 
Fax : 021 – 7800305
Email: sabajkt@sabapratama.co.id
Contact Person:
Ismail Sholeh, (General Manager)
Mobile:  0813 1798 6426
Mobile:  0818 0652 3020 

Surabaya Operation Office
Jl. Wiyung Tengah I no.52 Surabaya - 60228
Telp : 031 – 7520025  

Fax : 031 – 7525545
Email : sabasby@sabapratama.co.id

Contact Person: 
Eddy Soenarto, (Marketing)
Mobile:  0821 3935 7623
Sandy, (Marketing)
Mobile:  0852 3399 9123

Berikut ini sejarah dan perkembangan dari PT. SABA PRATAMA :

PT. SABA PRATAMA didirikan pada tahun 2006 di Cilegon, Jawa Barat, Indonesia, memulai usaha dari pemasok barang industri / perdagangan, kontraktor dan transportasi logistik, serta pemasok dan penyediaan tenaga kerja ke beberapa industri di seluruh wilayah Cilegon.

PT ini sudah berpengalaman dalam melaksanakan Jasa Tenaga Kerja  yang  meliputi: supply dan jasa penyediaan tenaga kerja (outsourcing) untuk beberapa industri seperti manufaktur, rumah sakit dan Sektor Pembangunan Infrastruktur, PT ini menyediakan tenaga kerja baik  team/group, atau individu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam jangka pendek atau jangka panjang pada beberapa Industri di Cilegon - Jawa Barat .

Pada tahun 2010, PT. SABA PRATAMA membuka kantor di Jakarta divisi yang mengkhususkan pencarian dan perekrutan staf yang berpengalaman/Profesional, Pekerja Terampil, siap kerja dengan pengalaman kerja yang luas.
Guna menunjang operasional SABA Jakarta, SABA baru-baru ini memperluas jaringan kantor cabang-cabangnya di Tuban dan Surabaya, Jawa Timur dan akan berusaha terus memperluas jaringan kantor-kantor cabangnya sesuai dengan kebutuhan operasional Perusahaan dan atau permintaan dari Mitra Kerja Perusahaan.

SABA membagi wilayah berdasarkan pada pelayanan (jasa) pekerjaan yang ditangani menjadi 2 (dua) bagian
1. Kantor Jakarta yang meliputi Indonesia bagian Barat melayani jasa penyediaan tenaga kerja berpengalaman dan profesional sedangkan 
2. Kantor Surabaya yang meliputi Indonesia bagian Timur melayani jasa-jasa seperti: pengelolaan kebersihan, pertamanan, sopir, keamanan (Security) dan lain-lainnya

Sejak pertengahan tahun 2013, SABA memperluas bidang usahanya di Surabaya dengan mengerjakan pekerjaan borongan (konstruksi) yaitu Jasa konstruksi di bidang telekomunikasi seperti pekerjaan Design dan Pemasangan Jaringan Akses Kabel Fiber Optik (FTTH), Instalasi Kabel Rumah (IKR) dan Jaringan Kabel Media.


Berikut adalah Struktur Organisasi dari PT SABA PRATAMA :

Penjelasan Struktur Organisasi diatas adalah :

  1. Direktur mengutus pengawas yang beratnggung jawab kepada dia .
  2. Direktur juga mengutus General Manager untuk mengatur jalannya pekerjaan pada divisi - divisi tertentu dan juga diawasi oleh Pengawas / advisor.
  3. General manager mengutus HR & Operation Manager yang menjadi atasan dari :


    • HR & Recruitment SPV
    • IT Support
    • Masangger & Office Boy
    4.  General Manager juga mengatur cabang perusahaan yang berada di surabaya yang mengurusi               pekerjaan :


    • Labour Supply
    • Teleccomunication Project
    • General Manager

   5.  General Manager juga mengutus Admin & Finance Manager yang menjadi atasan dari :

    • Account Receivable
    • Account Payable
    • Taxation & Payroll
Jadi PT Saba Pratama adalah perusahaan jasa yang mencari keuntungan dengan melakukan sistem Outsorcing , karena tujuanya adalah mencari keuntungan jadiadi bisa dibilang PT Saba Pratama adalah perusahaan Organisasi Niaga yang berjenis PT (Perseoran Terbatas). dan PT Saba Pratama bukanlah Organisasi sosial karena tidak dibentuk oleh suatu masyarakat.Dan juga PT Saba Preatama Bukanlah perusahaan international karena tidak meliputi negara - negara lain(hanya diindonesia). Jadi PT Saba Pratama termasuk Organisasi Regional karena perusahaan ini hanya bergerak di satu Negara saja. 

sumber : www.sabapratama.co.id


Nama : Muhammad Salim Islahi

Kelas : 2ka25
NPM : 16113142






0 komentar:

Posting Komentar