cursor link

Sabtu, 19 November 2016

Tugas Pengantar Telematika 2

Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!


Jawab :

Jaringan komputer mepunyai fungsi vital dalam telematika modern. Tanpa jaringan komputer komunikasi seperti sekarang tidak mungkin dilakukan. Tidak mungkin berkirim pesan, gambar,vidio, dan bahkan uang secara cepat ke berbagai tempat dan negara tanpa menggunakan jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain. Seiring dengan kecanggihan teknologi informasi, untuk membangun sebuah jaringan komputer dapat dimungkinkan tanpa menggunakan kabel (nirkabel).Untuk pengganti kabel sebagai penghubung dapat digunakan gelombang radio (radio frequency), sinar inframerah (infrared), bluetooth, dan melalui gelombang mikro (microwave).Sehingga Smartphone,komputer mobile, seperti notebook dan PDA (personal digital assistant) merupakan komputer yang dapat digunakan pada jaringan nirkabel. Mobilitas jaringan nirkabel menyediakan pengaksesan secara real-time kepada pengguna jaringan dimana saja selama berada dalam batas aksesnya dan ini menjadikan sebuah era telematika modern.

Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!

Jawab :

Dengan berkembang pesatnya teknologi informasi dan semakin luasnya jangkauan dari jaringan komputer maka bermunculan aplikasi yang dapat dimamfaatkan oleh pengguna secara bersamaan untuk berkomunikasi dan berbagi hal-hal lain seperti data,vidio dan gambar. Contoh dari aplikasi tersebut ialah :

  • Youtube adalah sebuah aplikasi atau situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.
  • Skype adalah sebuah program atau software gratis yang memungkinkan anda untuk melakukan panggilan video call secara gratis apabila kita terhubung ke internet. Whatsapp (WA) Merupakan media telematika yang berperan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengirim informasi kepada seseorang ataupun kelompok secara lansung dan cepat.
  • Google Drive Sebagai media sharing dan penyimpanan file secara online yang dapat diambil kapan saja dan dimana saja.
  • Line adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain jika kita terhubung di Internet. Line bisa beroperasi pada berbagai platform seperti tablet, smartphone maupun notebook / komputer.

Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!

Jawaban:

Arsitektur Client-Server:
File server adalah sebuah computer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama menyediakan lokasi untuk berbagi file, yaitu berbagi penyimpanan file computer (seperti file document, file suara, file foto, file video/film dll) yang dapat di akses oleh workstation yang melekat pada jaringan computer. Sebuah file server biasanya tidak melakukan suatu perhitungan, dan tidak menjalankan program atas nama client. Hal ini dirancang terutama untuk memungkinkan penyimpanan cepat dan pengambilan data dimana perhitungan berat di sediakan oleh workstation. File server biasanya ditemukan di sekolah-sekolah dan kantor-kantor dan jarang terlihat di penyedia layanan internet local dengan menggunakan LAN untuk menghubungkan computer client kita.

Arsitektur Peer-To-Peer:
BitTorrent adalah protocol file sharing peer-to-peer yang tidak lagi menggunakan satu server (atau beberapa server) sebagai sumber downloadnya, melainkan menggunakan komputer pengguna untuk mendownload/mengupload file secara simultan. Jadi jika kita mendownload sebuah file melalui BitTorrent, maka sebenarnya kita mendownloadnya dari berbagai komputer orang lain yang juga tengah (atau sudah) mendownloadnya. Dalam waktu yang bersamaan pula, komputer kita juga menjadi sumber bagi orang lain untuk mendownload file tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar