cursor link

Jumat, 14 Oktober 2016

Tugas Pengantar Telematika #1



  1. Jelaskan peranan Telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contohnya dalam bidang pendidikan!

    Dahulu kala kita mendapatkan informasi sangat susah, mungkin media yang ada dulu adalah koran, majalah, radio dan tv, tetapi sekarang  karena adanya jaringan internet mudah sekali mendapatkan berita, pada detik ini juga kita bisa mendapatkan informasi yang kita inginkan.

    Contoh peranan telematika dalam bidang pendidikan adalah E-Book, karena adanya E-book kita tidak perlu datang ke perpustakaan untuk meminjam buku atau ke Book Store untuk membeli buku, dengan E-book ini kita bisa membelinya dan membacanya pada detik ini juga.
  2. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen apa saja yang menunjang layanan telematika!
    • Content, adalah sebuah data/informasi yang mendukung telematika, tanpa adanya content telematika hanyalah seperti sebuah piring kosong yang tidak ada fungsinya yang disimpan di dalam lemari. Dengan adanya content sebuah piring kosong tersebut akan bisa digunakan orang dan dapat berguna untuk masyarakat luas.
    • Computing, adalah system pengolah data/informasi sehingga data/informasi tersebut dapat dinikmati dan berguna bagi orang. Tanpa adanya computing yang baik maka data/informasi tersebut hanya akan menjadi data sampah yang tidak berguna bagi siapa saja. Sebaliknya dengan computing yang baik, maka data/informasi tersebut akan menjadi buruan setiap orang di dunia ini.
    • Communication, adalah system komunikasi yang memungkinkan telematika dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Tanpa komponen ini telematika hanya bisa menjadi wacana/teori yang diseminarkan saja. Dengan dukungan komponen ini, telematika dapat hadir di tengah-tengah masyarakat dan dimanfaatkan dengan maksimal.
    • Community, adalah masyarakat pengguna telematika itu sendiri. Dengan adanya community, telematika dapat menjadi sesuatu yang berguna sesuai fungsi dan tujuan telematika diciptakan. Dengan community juga bisa mendorong perkembangan telematika karena pada dasarnya kebutuhan orang semakin hari akan semakin meningkat dan untuk mewujudan kebutuhan yang semakin meningkat tersebut dibutuhkan teknologi telematika yang lebih advance.
  3. Sebutkan hal-hal apa saja yang didapat dari perkembangan layanan telematika, jelaskan!
    • Menciptakan atau memulai bisnis/usaha melalui internet.
    • Kemudahan dalam mendapatkan kebutuhan dengan layanan internet.
    • Kemudahan mendapatkan data dan informasi secara real time
    • Penghematan Waktu. Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
    • Rekruitmen Tenaga kerja dan Penyedian Lowongan Kerja. Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet.
    • Nasehat dan Bantuan Pakar di bidangnya. Tidak sedikit pakar yang ada di internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses.
    • Akses Informasi dan Penyebaran Informasi. Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos.
  4. Bagaimana menghindari dampak negative dari perkembangan telematika? Jelaskan!
    • Sesuai kebutuhan
      Artinya kita diharuskan menggunakan telematika yang sesuai kebutuhan kita. Saat ini kita sedang butuh untuk mencari informasi yang sedang kita perlukan, artinya saat itu juga kita boleh menggunakan telematika untuk mencari informasi yang kita butuhkan tersebut.
    • Self filtering
      Ini artinya kita diharapkan bisa menyaring sendiri informasi-informasi yang bertebaran di internet mana yang boleh kita akses atau mana yang tidak boleh/perlu kita akses.
    • Waspada dan teliti
      Artinya kita juga diharapkan untuk selalu cross check terhadap semua informasi yang datang dari internet, karena bisa semua orang yang menyediakan informasi di internet dan tidak semua orang menyediakan informasi yang sesuai fakta di lapangan.
    • Bijak
      Seperti kata pepatah bukan pisaunya yang jahat tapi orang yang menggunakan pisaunya untuk kejahatan yang jahat. Seperti juga bukan telematika yang jahat tetapi orang yang menggunakan telematika untuk kejahatan yang jahat. Telematika hanya sebagai tool yang mana baik buruknya tergantung dari orang yang memanfaatkannya. Untuk itu kita diharapkan bijak saat menggunakan telematika dan jangan menggunakan telematika untuk melakukan kejahatan.

0 komentar:

Posting Komentar