cursor link

Kamis, 28 Mei 2015

Menyusup Ke Salah Satu Perusahaan Listrik Di Indonesia


PT PLN adalah salah satu perusahaan sumber listrik di indonesia , PT ini memiliki Tujuan yaitu untuk menyelenggarakan usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum dalam jumlah dan mutu yang memadai serta memupuk keuntungan dan melaksanakan penugasan Pemerintah di bidang ketenagalistrikan dalam rangka menunjang pembangunan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Struktur Perusahaan :
Visi Misi Perusahaan :

Visi
Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani.

Misi
  1. Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
  2. Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
  4. Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Teori Dimensi Stuktur Organisasi :

Kompleksitas, mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk di dalamnya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hirarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara geografis.


Diffrensiasi :
a. Diffrensiasi horizontal  = merujuk pada tingkat diffrensiasi antara unit-unit berdasarkan orientasi para anggota, sifat dari tugas yang dilaksanakan, dan tingkat pendidikan dan pelatihannya.
b. Diffrensiasi vertical  =  merujuk pada kedalaman struktur , Misal : organisasi berbentuk tall atau flat, tergantung dari rentang kendali (span of control)
c. Diferensiasi Spasial  = tingkat sejauh mana lokasi dari kantor,pabrik, dan personalia sebuah organisasi tersebar secara geografis.

Spesialisasi : pengelompokkan aktivitas tertentu yang dilakukan satu individu.

 a. Spesialisasi fungsional =  pembagian kerja.
 b. Spesialisasi social = individunya yang dispesialisasi.

Departementalisasi : cara organisasi secara khas mengkoordiinasikan aktivitas yang telah dideferensiasi secara horizontal. Misal : Berdasarkan fungsi; geografis;produk; proses  

Formalisasi, yaitu sejauhmana organisasi menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari para pegawainya.

Keuntungan adanya standarisasi :

  •   Standarisasi perilaku akan mengurangi keanekaragaman
  •   Memudahkan koordinasi
  •   Adanya penghematan


Sentralisasi, tingkat di mana pengambilan keputusan dikonsentrasikan pada suatu titik  tunggal di dalam organisasi

Model – Model Design Organisasi
  • Model organisasi mekanistik, model organisasi mekanistik yaitu model yang menekankan pentingnya mencapai produksi dan efisiensi tingkat tinggi.
  • Model organisasi organik, menekankan pada pentingnya mencapai keadaptasian dan perkembangan tingkat tinggi. Desain organisasi ini kurang mengandalkan peraturan dan prosedur, wewenang yang disentralisasikan atau spesialisasi yang tinggi.


Analisa :
            Setelah saya membaca teori yang ada dan saya analisa  bahwa PT PLN termasuk struktur organisasi yang kompleks ,karena PLN mempunya anak perushaan yang tersebar di indonesia.Sedangkan Differensialnya adalah differensial special , karena PLN  sebagai supplier yang memberi ke beberapa kantor / proyek di indonesia. Sedangkan analisa spesialisasinya masuk kedalam spesialisasi social karena di indonesia mempunyai budaya yang berbeda juga sehingga membutuhkan spesialisasi individu-individu yang berbeda pula dalam hal pelayanan terhadap pelanggan di masing-masing daerah.
PT PLN juga menerapkan sistem departmentalisasi  karena didalam organisasinya telah dibagi beberapa direksi untuk mengkoridinir aktifitas.

PT PLN termasuk model organisasi mekanistik , karena PLN mementingkan pencapaian produksi dan efisensi tingkat tinggi , untuk mencapai efesiensi dan produksi yang tinggi tentunya terlebih dahulu peraturan harus diataati , PLN telah menyiapkan beberapa program yang berfungsi untuk menaati peraturan seperti perlindungan terhadap pelanggan , program bina lingkungan dan sebagainya.

Kesimpulan:
  • Organisasi tall atau flat selain ditentukan oleh besaran organisasi juga oleh jenis pekerjaan dan karakteristik individu pemegang tugas. 
  • Makin tinggi kompleksitas, maka perhatian terhadap masalah-masalah komunikasi, koordinasi dan kontrol makin besar. 
Sumber : 

Teori Model-model Desain Organisasi http://ardiprawiro.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/41191/Bab+5+TOU+2.pdf

 
Struktur Organisasi http://www.pln.co.id/blog/struktur-perusahaan/ 


Profil Perusahaan http://www.pln.co.id/blog/profil-perusahaan/

Teori Dimensi Struktur Organisasi dan Departementalisasi http://rumijati.staff.umm.ac.id/files/2010/04/dimensi-struktur.4.pptx




    0 komentar:

    Posting Komentar