cursor link

Rabu, 18 Juni 2014

Menghafal Fretboard

Memahami fretboard artinya menguasai letak-letak not pada fretboard tersebut. Bisa kamu bayangkan jika harus menghafal semua titik not pada fretboard sekaligus. Sulit? Tentu saja semua itu mudah, kalau kamu sudah tahu caranya.
Penasaran? Lanjut....

Langkah 1
Pada tahap ini kamu cukup menghafal 2 senar, dalam 12 fret yaitu senar 6 (senar yang paling tebal) dan senar 5. Susunannya seperti ini:

Keterangan: Bb = A#

Caranya mudah saja, hafalkan lebih dulu posisi not-not yang tidak ada tanda # (sharp) nya yaitu E, F, G, A, B, C, D, E. Dengan begitu kamu bisa tentukan bahwa setelah C pasti C#, setelah D pasti D#, dst. Yang penting kamu harus ingat bahwa setelah E tidak ada E# dulu, tapi langsung ke F. dan setelah B tidak ada B#.

Tips: Jadikan tanda titik di tengah fretboard (pada fret 3, 5, 7, 8, 12,15,17) sebagai acuan yang akan banyak membantu kamu menghafal posisi not pada fretboard. Ketika kamu sudah bisa hafal posisi not pada senar 6 dan 5, artinya kamu sudah menguasai 33,3% fretboard, dan bisa lanjut ke Langkah 2.

Langkah 2
Sekarang kamu akan mempelajari cara menentukan posisi not pada senar ke 4 dan ke 3.
Posisi not di senar 4 terletak dua fret ke kanan dari posisi not di senar 6. Agar lebih mudah, perhatikan gambar berikut:

Posisi G pada senar 6 ada di fret 3, maka pada senar 4 posisi G ada di fret 5. Begitu juga not-not yang lain. Bagaimana dengan senar 3?
Yap, posisi not di senar 3 terletak dua fret ke kanan dari posisi not di senar 5.

Temukan posisi semua not-not di string 4 dan string 3 berdasarkan string 6 dan 5.

Langkah 3
Eits, tunggu dulu. Untuk menentukan posisi not di senar 2 tidak sama dengan cara diatas. Jadi, not di senar 2 ditentukan bukan dari senar 4, tapi dari senar 5. Seperti ini:
Dan untuk string 1, posisinya sama dengan string 6.

Ok, setelah semua posisi notnya ditemukan, hasilnya adalah:
Kalau begitu, kenapa tabel ini tidak diberikan dari awal?
Tujuannya adalah untuk mempermudah kamu mengingat not senar demi senar. Tentu saja menghafal seluruh tabel sekaligus bisa lebih cepat, tapi yang kita butuhkan adalah memori yang lebih kuat, brain memory dan muscle memory.

That's all,  hope it useful!

sumber : http://gazenixus.blogspot.com/

4 komentar:

terimakasi, ini cara yang paling mudah diingat dalam menghafal not pada setiap fret.
saya pakai cara anda ini.

terimakasih , sangat bermanfaat gan ��

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Untuk lebih muda pakai rumus susunan jarak nada diatonis,,mungkin lebih mudah..

Posting Komentar