cursor link

Rabu, 23 April 2014

Bahan Material Kayu Terbaik Untuk Gitar Beserta Karakteristiknya

Seperti yang diketahui, mayoritas gitar terbuat dari bahan kayu, kayu yang digunakan tentunya menentukan tone dan harga jual bagi gitar itu sendiri, Kayu yang digunakan sebagai bahan dasar gitar banyak macamnya tergantung dari tempat tumbuhnya pohon atau bagan kayu itu berada, seperti spruce, diantaranya ada spruce sitka, spruce englemen, dan jerman spruce pada bagian Top Gitar (bagian body depan gitar yang umumnya berbahan Maple), hal yang berbeda juga dapat ditemukan pada bagian back side dan neck gitar anda. Berikut adalah Bahan Material Kayu Terbaik Untuk Gitar Beserta Karakteristiknya.
1. Material Terbaik Pada Top (Body) Gitar
Material Pada Body Top Gitar
Material Pada Body Top Gitar
Dapat kita lihat material terbaik untuk bahan top gitar adalah Sitka Spruce dari Kanada atau Alaska, karakteristik Sitka Spruce kaya akan nada di low dan mid range, sedangkan jenis kayu terbaik untuk gitar klasik yang menggunakan senar nilon adalah German Spruce yang tumbuh di dataran german dan eropa, ini merupakan cikal bakal ketenaran lakewood meski lebih fokus memproduksi gitar akustik dengan mengendorse musisi terkenal di dunia. Sedangkan material yang kurang baik adalah Western Red Cedar yang berada di Amerika utara karena kurang tahan lama, khususnya di kondisi ekstrim seperti di Indonesia.
2. Bahan Terbaik pada bagian  Back, Side Pada Neck Gitar
Bahan GItar Terbaik
Bahan GItar Terbaik
Bahan terbaik tersebut adalah Honduras Mahogany (Mahoni), yang berada di amerika latin seperti honduras, merupakan Mahogany terbaik unutk gitar anda karena kuat, sedangkan Nato merupakan Bahan Gitar terbaik dari Negeri Indonesia yang merupakan alternatif dari mahogany.
3. Material Terbaik Untuk Back and Side Fingerboard Gitar dan Fingerboard pada Bridge
Bahan Terbaik Untuk Fingerboard
Bahan Terbaik Untuk Fingerboard
Pada Material Terbaik Untuk Back and Side Fingerboard Gitar berasal dari Brazil yaitu Jacaranda (Brazilian Rosewood) yang sangat solid, akan tetapi kayu jenis ini dilarang diperjual belikan, mungkin hanya beberapa gitar yang terbuat dari jacaranda ini, akan tetapi sebagai alternatif anda dapat menggunakan Palisander atau Indian rosewood atau honduras rosewood. Tentunya harga gitar yang menggunakan bahan tersebut tidak semurah dengan kayu Maple yang banyak digunakan untuk gitar-gitar dipasaran untuk kelas advance gitaris. Sedangkan untuk Fingerboard pada Bridge banyak di temukan di kawasan asia tenggara termasuk di Indonesia, yaitu kayu ebony yang memilki karakteristik keras dan tahan lama.
4. Material Terbaik Untuk Gitar dengan Solid Body
Solid Body
Solid Body
Ini merupakan salah satu mengapa Gitar Made in Amerika lebih mahal dibanding gitar Custom di Indonesia, hal ini dikarenakan kayu yang digunakan untuk Gitar dengan Solid Body berbahan Ash yang tumbuh subur di Amerika Serikat, memiliki kualitas terbaik dengan tone yang jelas. sedangkan kayu kayu yang ada di Indonesia yaitu Agathis atau mahony hanya mengedepankan ke stabilan nada. Anda tidak mengkin menyuruh luthier lokal, atau custome gitar lokal anda untuk mengimport bahan tersebut bukan? selain ongkos kirim yang mahal tentu ijin yang berbelit menyulitkan luthier lokal untuk bersaing dengan brand besar.
Referensi: europe.yamaha.com

0 komentar:

Posting Komentar