cursor link

Kamis, 14 November 2013

Suku, Ras, Agama , dan Adat


Suku , Ras , Agama ,dan Adat adalah hal yang pasti ditemukan di Indonesia, banyak suku , banyak ras , banyak agama ,dan banyak adat , semua itu disatukan menjadi integrasi sosial  yaitu perkumpulan antar SARA(Suku Agama Ras dan Adat).Perkumpulan maksudnya menjadi satu , tidak hanya menjadi satu tetapi juga dapat bermusyawarah dan saling menghormati.

Bhineka tunggal ika ”Meskipun berbeda – beda tapi satu jua”,semboyan inilah yang seharusnya dapat membuat SARA di Indonesia tidak terpecah belah / tetap menyatu.Sayangnya sampai sekarang masih ada saja oknum – oknum yang selalu memandang SARA setiap menilai orang . Contohnya , seseorang yang beragama A tidak boleh berteman dengan orang yang beragama lainnya ,hal ini lah yang banyak terjadi di indonesia saat ini , Mana semboyan yang kita sebutkan itu ? dimana letaknya ? mengapa masih ada saja orang yang tidak menghormati perbedaan , padahal perbedaan itu indah , kita bisa saling mengisi dan saling memberi karena adanya perbedaan.Dan karena hal ini banyak sekali pertengkaran , musuh – musuhan , sampai perang antar suku yang menimbulkan beberapa korban pun terjadi.

Seharusnya warga negara Indonesia tidak hanya bicara bhineka tunggal ika (semboyan kita) dimulut saja tetapi lebih baik lagi mengamalkannya , dan tidak menilai orang dari SARA karena kita satu bangsa dan satu jua.Serta ditambah peran pemerintah untuk memberi pengawasan terhadap masing – masing daerah agar tidak ada pertengkaran atau perseteruan , dan misalnya terjadi perseteruan alangkah baiknya di selesaikan dengan cara bermusyawarah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Catatan : MATERI 7 BAB  Integrasi Sosial

0 komentar:

Posting Komentar