cursor link

Jumat, 25 Oktober 2013

Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Penduduk adalah manusia / orang yang menempati suatu wilayah ,sebagai penduduk tetap atau pendatang.Penduduk bertambah dengan adanya kelahiran dan penduduk berkurang karena kematian , penduduk dapat dikelompokan menjadi masyarakat , dalam masyarakat banyak budaya – budaya yang bermacam – macam,apalagi di Indonesia .

Indonesia Memiliki banyak sekali budaya dari Sabang sampai Marauke , ada tari – tarian , musik tradisional , permainan, upacara adat , dan lain lain .Masalahnya saat ini adalah budaya Indonesia banyak yang sudah tidak dilestarikan / hampir binasa , karena masuknya budaya budaya luar ke Indonesia ,contohnya dulu anak tahun 90an atau sebelum mudahnya mengakses internet ,anak anak selalu bermain permainan tradisional , seperti : petak umpet , kejar jongkok , bentengan ,dll
tetapi sekarang permainan itu sudah sangat susah dilihat atau jarang dimainkan oleh anak anak sekarang , bukan hanya permainan tetapi makanan juga seperti itu , contohnya remaja sekarang lebih senang makan - makanan luar seperti fastfood daripada makan - makanan tradisional.

Hal ini harus diperihatinkan dan diperhatikan serta dibenahi , seharusnya orang tua tidak terlalu membebaskan anaknya dan mengajarkan buadaya turunan dari orang tua itu sendiri , atau budaya lainnya . Dan peran guru juga sangat penting , misalnya dengan memberi pelajaran budaya yang tidak hanya teori tapi terjun mempraktikannya dengan cara yang menyenangkan . Pemerintah juga harus turut serta dalam hal ini , dengan cara tidak membebaskan budaya – budaya luar masuk ke Indonesia , atau dengan cara filtering (penyaringan).

0 komentar:

Posting Komentar